MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) 2016

SMAN 1 UBUD SEKOLAH di KAMPUNG TURIS DENGAN SEGUDANG PRESTASI

PEMBUKAAN MPLS Oleh Kepsek SMAN 1 UBUD

PEMBUKAAN MPLS Oleh Kepsek SMAN 1 UBUD

Ratusan peserta didik baru mengikuti Masa Pengelanan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Ubud, Senin (11/7) kemarin. Melalui pelaksanaan acara ini, siswa tidak lagi mengenakan atribut MOS seperti tahun sebelumnya. Kali ini siswa lebih banyak diberkan gambaran dan pengalaman tentang lingkungan sekolah favorit berdiri di kampung turis itu.

Kepala SMAN 1 Ubud I Wayan Gabra menjelasakan, MPLS dilaksanakan dari 11 hinga 13 Juli. Selama tiga hari itu ratusan siswa akan dikenalkan lingkungan sekolah, dari bangunan fisik, tata ruang, tata tertib hingga manajemen sekolah. “Pertama kita ajak siswa mengenal lingkungan sekolah, visi-misi tata tertib dan semacamnya,” jelasnya.

Selama pelaksanaan MPLS ini siswa juga dibimbing untuk membiasakan perbuatan baik selama di sekolah atau pun di luar sekolah. “Kedua kita menarik kebiasaan baik, semua tata tertib yang ada kita awali penerapannnya dari MPLS ini, sehingga saat pembelajaran nati siswa sudash terbiasa melaksanakan hal baik,” katanya.

PENGENALAN SEKOLAH

PENGENALAN SEKOLAH

Melalui pelaksanaan ini siswa juga diberikan tentang pengenalan Kurikulum 2013, lagu-lagu nasional, pengalaman OSIS, pengenalan perpustakaan, remaja dan bahaya narkoba, IT dalm pendidikan hingga baris-berbaris. “Siswa juga akan diarahkan untuk melaksanakan kerja bakti, penghijauan,” katanya.

Penting pula diketahui bahwa berkat bimbingan para guru di sekolah yang ditunjuk sebagai SMA Rujukan 2016 ini, sudah ada deretan prestasi yang diperoleh siswa di SMA Negeri 1 Ubud melali lomba akademik. Seperti juara I Provinsi Bali Pidato Bahasa Jepang 2016, Juara Favorit Nasional Pidato Bahasa Jepang, sehingga berlaga di Jepang melalui Program Exchange Student for Asian Pasific tahun 2016, dan juara III nasional program Eco Youth  lewat penelitian penanggulangan alih fungsi lahan pertanian.

Siswa di SMA Model 2015/2016 ini juga sudah menorehkan segudang prestasi lomba nonakademik. Seperti juar umum I bidang olahraga Porsenijar Kabupaten Gianyar 2016, Juara I,II,III Porsenijar Provinsi Bali Cabang Atletik : Lari 800m, 1.500m, lempar lembing, loncat tinggi putri, serta juara pencak silat O@SN Provinsi Bali 2016 dan akan berlaga di tingkat nasional bidang laga putri kelas C Juara I, seni tunggal putra juara II.

Meski sudah memperoleh segudang prestasi, Sekolah Induk Klaster 2015/2016 ini juga terus melakukan berbagai inovasi. Seperti kerja sama pertukaran budaya Indonesia-jepang melalui kunjungan setiap enam bulan dengan SMA Kawanishi Midoridai dan SMA Nishinomiya Imazu di Osaka, Jepang.

Selain itu pihak sekolah juga melakukan kerjasama dengan Univeristas Tottori Daigaku Tokyo dan Mejo Daigaku Nagoya Jepang. Ditambah pula pengeiriman siswa Program IUS YLP ke Amerika Serikat selama satu bulan, yakni dari Juli hingga Agustus 2016.

Sumber: Balipost, 12 Juli 2016

No Comments Yet.

Leave a comment