JUARA PIDATO SACURA CUP 60 TAHUN HUBUNGAN JEPANG INDONESIA

Sebagai realisasi dari keberhasilan memperoleh Juara 1 dalam kegiatan lomba tersebut, siswa SMA Negeri 1 Ubud atas nama I Kadek Surya Karkata mendapatkan kesempatan belajar di Negeri Sakura yaitu Jepang. Selengkapnya kegiatan di Jepang dituliskan dalam bentuk laporan oleh  Surya Karkata sebagai berikut.

Laporan Kegiatan di Jepang

Latar Belakang

Laporan ini dibuat untuk melaporkan kegiatan yang kami lakukan saat berada di Jepang. Kami bersyukur kepada Tuhan karena berkat-Nya kami dapat sampai di Jepang dan kembali ke Bali dengan selamat, terimakasih juga kepada para guru yang kami hormati karena telah mendukung kami hingga dapat melaksanakan tugas dengan baik. Kami ucapkan juga terimakasih kepada teman-teman yang kami cintai karena selalu mendukung kami.

Tujuan

Tujuan kami ke Jepang untuk mempelajari budaya dan bahasa di Jepang. Kami juga bertujuan untuk meniru hal baik dari budaya dan kebiasaan orang jepang agar dapat kami aplikasikan kedalam kehidupan kami. Kami berharap dengan setelah kunjungan kami dari Jepang kami menjadi pribadi yang sedikit lebih baik dari sebelumnya.

Peserta Kegiatan

I Kadek Surya Karkata

Gede Sutirta

Waktu dan Tempat Kegiatan

Hari pertama (14/12/2018)

Kami di jemput Yoshida-sensei di Bandara Narita pada pagi hari. Lalu kami di ajak ke sekolah, sekolah itu bekas sekolah dasar yang diubah menjadi sekolah yang digunakan untuk mengajar bahasa jepang kepada orang asing. Di sekolah itu kami di sambut oleh dua orang murid dari Mongolia. Setelah itu kami menuju ke hotel untuk menaruh barang-barang kami, lalu kami pergi ke Kedutaan Besar di Meguro. lalu kami ke Tokyo Tower. Setelah itu kami pulang ke hotel dan tidur.

Hari kedua (15/12/2018)

Setelah sarapan kami pergi ke Odaiba untuk berfoto di depan Gundam dan replika patung Liberty. Setelah itu kami menuju ke tempa homestay. Karena perjalanannya lama, kami sampai disana pada sore hari. Karena kelelahan kami langsung tidur.

Hari ketiga (16/12/2018)

Pagi harinya kami pergi ke tempat pembuatan mochi di dekat homestay. Karena terlambat kami tidaka dapa melihat pebuatan mochinya tapi tetap dapat mencoba “shiroko”. Siang harinya kami ke Koegawa membeli oleh-oleh hingga malam hari. Sesampainya fi homestay kami berkemas. Sebelum tidur kami menyampaikan pidato seperti waktu lomba dengan memakai pakaian ada Bali di depan keluarga Toguchi (nama keluarga tempat kami homestay).

Hari keempat (17/12/2018)

Pagi hari kami bergegas ke stasiun kereta bertujuan pergi ke DisneyLand. Disana kami mencoba berbagai wahana yang ada. Setelah dari Disney Land pada sore hari, kami pergi ke rumah Yoshida-sensei. Kami membuat nasi goreng dan makan bersama Yoshida-sensei. Keesokan harinya kami ke bandara dan pulang ke Bali.

Kesimpulan

Setelah mengamati berbagai objek, kami berkesimpuln bahwa budaya Jepang sangat menarik dan tidak ada salahnya untuk dipelajari.

Kami berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Kami mohon maaf jika ada salah pengetikan atau kalimat yang kurang berkenan.