LANTAS LAGAS (LALU LINTAS DALAM GAME KUIS) PENYELAMAT SISWA SMA N 1 UBUD

“LANTAS LAGAS (LALU LINTAS DALAM GAME KUIS) PENYELAMAT SISWA SMA N 1 UBUD”

Oleh : Dewa Gde Rismanandha Adiwira

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia dari tahun ke tahunnya selalu meningkat. Dari tahun 2017 ke tahun 2018 dinyatakan kecelakaan lalu lintas meningkat 5%. Penyebab kecelakaan lalu lintas diantaranya karena kurangnya pengetahuan tentang lalu lintas, dan kesadaran masyarakat di Indonesia tentang tata tertib atau peraturan lalu lintas. Hal ini biasanya sering dijumpai pada anak dibawah umur. Maka dari itu, diperlukan suatu alat untuk mengkampanyekan hal tentang lalu lintas. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi yaitu game. Game Lantas Lagas ini diharapkan bisa memberi pengetahuan tentang lalu lintas kepada masyarakat khususnya anak dibawah umur. Apakah hal ini bisa diaplikasikan dengan baik? Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 UBUD dengan sampel siswa kelas XI MIPA 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain Pre-experimental design. Metode eksperimen adalah metode yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneiliti. Dan bentuk Pre-Experimental Designs yang digunakan dalam penelitian ini adalah One – Shoot Case Study (Studi Kasus Satu Tembakan). Dalam desain penelitian ini terdapat suatu kelompok yang diberi treatment (perlakuan) dan selanjutnya diobservasi. Game Lantas Lagas ini merupakan sebuah smartphone atau mobile games yang dibuat untuk memberikan informasi mengenai lalu lintas. Game ini juga mengandung unsur kebudayaan bali. Berdasarkan hasil peneilitan, game Lantas Lagas ini bisa dimanfaatkan untuk mengkampanyekan hal-hal mengenai lalu lintas karena selain belajar mengenai lalu intas, game ini juga diakui dapat menghibur masyarakat atau siswa yang sedang memainkannya.

 

 

No Comments Yet.

Leave a comment