SCIENTIFIC COMPETITION OF POLTEKKES DENPASAR

SCIENTIFIC COMPETITION OF POLTEKKES DENPASAR

"YANG MUDA, YANG BERKARYA"

scientific competition

scientific competition

"Scientific Competition Of Poltekkes Denpasar atau yang terkenal dengan sebutan Sniper baru saja berlangsung (Kamis, 12/3/2015) ketatnya persaingan antar SMA se-Bali membuat juri sedikit kewalahan dalam menentukan pemenang."

            Dalam rangka Dies Natalis Poltekkes Denpasar ke- XIV, Sniper kembali diadakan yang kali ini mengusung tema Infectious Disease Pencegahan Penyakit Menular Untuk Mensejahterakan Rakyat. Dipilihnya tema tersebut didasari atas maraknya penyakit menular yang terjadi khususnya di Bali.

            Lomba ini dibuka oleh Direktur Politeknik Kesehatan Denpasar didampingi oleh Pudir 3 dan Plt. Ka. Sub Bag Adak. Dalam sambutannya Direktur Politeknik Kesehatan Denpasar menyampaikan bahwa lomba LKTI ini sangat penting sebagai ajang promosi Politeknik Kesehatan Denpasar sekaligus untuk menemukan bibit-bibit pemikir di masa depan serta peneliti muda di bidang kesehatan.

            Sniper ini merupakan lomba karya tulis ilmiah yang diikuti oleh seluruh SMA Se-Bali dan pelaksanaannya sudah memasuki tahun ke-3. Pengumpulan naskah yang telah dimulai dari bulan Januari hingga Maret 2015 diperoleh 13 naskah yang masuk dari 8 SMA meliputi SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Ubud, SMAN 2 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMK N 1 Amlapura, SMAK Soverdi, SMA Laboratorium Undiksha, dan SMAN 1 Nusa Penida dimana masing-masing team terdiri dari 3 orang. Hasil seleksi yang dilakukan oleh tim juri Poltekkes Denpasar yang merupakan tim pakar diperoleh 5 team yang lolos ke babak final. Sekolah yang lolos ke final yaitu SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Ubud (2 team), SMAN 4 Denpasar dan SMK N 1 Amlapura.

           Berdasarkan penilaian juri, team yang lolos babak final pada Sniper tahun ini memang patut diapresiasi karena karya tulis yang dikirimkan memiliki tingkat ketelitian yang baik dan sangat inovatif. Penilaian pada babak final meliputi tahap presentasi dan tanya jawab. Terpilihlah pemenang Sniper pada tahun ini yaitu team dari SMAN 1 Gianyar dengan poin (82,13) dengan judul KTI "Liserin Sebagai Obat Anti Nyamuk Semprot Nabati Dalam Mencegah Gigitan Nyamuk Culex" sedangkan posisi kedua dimenangkan oleh SMAN 1 Ubud team B dengan poin (81,95) dan posisi ketiga ditempati oleh SMAN 4 Denpasar dengan poin (81,87). Pemenang nantinya akan diundang pada puncak peringatan Dies Natalis Poltekkes Denpasar ke-XIV untuk mengambil piala bergilir SNIPER pada tanggal 16 April 2015 yang bertempat di Direktorat Poltekkes Denpasar. Diharapkan dengan lomba karya tulis ilmiah ini, jiwa-jiwa peneliti khususnya bagi remaja tingkat SMA akan semakin berkembang untuk menciptakan inovasi-inovasi baru khusus dalam bidang kesehatan.

Sumber : http://www.poltekkes-denpasar.ac.id

No Comments Yet.

Leave a comment