Dewa Anom dalam Japanese-Language for Highscool Student

Kegiatan Japanese-Language for Highscool Student Oleh Japan Foundation

(Laporan : Dewa Anom)

1.    Kegiatan Tanggal 15/16 Juni 2016

Pada tanggal 15 Juni, saya I Dewa Gde Anom Segaragiri bersama keluarga sampai di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 20.00 WITA, dan menunggu untuk melakukan check-in pada pukul 22.00 WITA. Pesawat menuju Osaka berangkat pada tanggal 16 Juni pukul 00.40 WITA.
Di dalam, saya menjumpai 2 rekan saya yaitu Fabia dari Jakarta dan Sisi dari Yogyakarta. Kami berangkat menuju Kansai International Airport menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Sesampainya di Kansai International Airport, kami dijemput oleh pihak Japan Foundation Kansai. Selain itu, saya juga ditunggui oleh Bapak Uetani, teman dari Ibu Karsi dan juga guru saya. Setelah itu, kami bertiga diantar oleh bus dari Japan Foundation dan sampai di Kansai Kokusai Center pada pukul 10.08 waktu setempat. Pada tanggal 16 Juni, selama satu hari penuh kegiatan kosong (free time) untuk menunggu peserta lainnya datang. Sekitar pukul 19.00 waktu setempat, saya dan 2 peserta dari Indonesia makan malam di cafetaria Kansai Center, kemudian kami belanja ke konbini.

2.    Kegiatan Tanggal 17 Juni 2016

Pagi hari hari, saya dan Sisi sarapan di cafetaria, Fabia tidak ikut sarapan karena menuaikan ibadah Puasa. Setelah itu kami melakukan kegiatan orientation di Hall pada pukul 09.00. Setelah kami diberikan beberapa penjelasan, kami semua diajak untuk mengelilingi gedung Kansai Center, lalu kami istirahat makan siang.

KANSAI CENTER

Kegiatan selanjutnya yaitu Ice Breaking, yang secara harfiah berarti memecah es. Namun arti dari Ice Breaking ini adalah memecahkan suasana dingin dari semua peserta agar semuanya dapat beraul dengan hati yang hangat. Kegiatan pada Ice Breaking ini yakni permainan yang membuat semua peserta dapat berbaur satu sama lainnya. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan membuat kami semua menjadi lebih akrab. Selanjutnya kami diberikan pengenalan mengenai Geografis Jepang dan Study Trip kami.

ICE BREAKING

Kegiatan terkahir kami yaitu Tour mengelilingi perpustakaan. Kami diajak berkeliling dan diberikan penjelasan mengenai cara meminjam buku, mana buku yang boleh dipinjam dan mana buku yang harus dibaca disana, dan penjelasan lainnya. Setelah kegiatan tour perpustakaan berakhir, kami mendapat banyak waktu luang. Saya dan Fabia ikut diajak oleh teman lainnya untuk pergi ke toko buku dan 100円 Shop di sekitaran gedung Kansai Center. Sepulang dari berbelanja kami makan makan malam di cafeteria Kansai Center.

3.    Kegiatan Tanggal 18 Juni 2016

Saya bersama Fabia dan Sisi sarapan bersama di cafeteria, kemudian turun ke lantai 1untuk berkumpul dan bersiap berangkat ke Nara pada pukul 8.50. Sekitar 1 jam perjalanan, kami sampai di Nara pada pukul 10.15. Di sana, kami diajak untuk mengunjungi pengerajin tinta gosok dan diberi penjelasan mengenai cara pembuatannya. Kemudian kami semua diberi kesempatan untuk untuk membuat tinta tersebut dengan bentuk kepalan tangan kami.

PENGERAJIN TINTA GOSOK

Kegiatan berikutnya kami diajak mengunjungi Toudai-ji, kuil yang berisikan patung Buddha yang sangat besar. Disana juga terdapat banyak sekali rusa. Kemudian tour dilanjutkan mengunjungi kuil tempat Dewa Petir pertama kali dating dengan menunggangi rusa putihnya.

KUIL Toudai-ji

Setelah kegiatan tour berakhir, kami semua pulang ke gedung Kansai Center dan sampai sekitar pukul 17.40. Setelah kami sampai, kami bergegas menuju kamar masing-masing, mandi, kemudian saya bersama Fabia dan Sisi makan malam bersama. Setelah makan kami semua diajak karaoke bersama oleh teman-teman lainnya.

4.    Kegiatan Tanggal 19 Juni 2016

Kami sarapan di cafeteria Kansai Center, kemudian berangkat bersama menuju stasiun untuk menaiki Shinkansen menuju Hisroshima yang berangkat pukul 10.28. Kami sampai di Hiroshima sekitar pukul 11.30, dan diajak mengunjungi Yume Town. Ini merupkana pusat perbelanjaan yang sangat terkenal di Hiroshima. Disana kami berpisah disana dan mencari tempat untuk makan siang. Saya dan beberapa teman saya makan di McDonald yang ada di Yume Town.
Setelah kami semua makan siang, selanjtunya kami diajak menuju Miyajima. Kami menuju ke Miyajima dengan menggunakan kapal ferry untuk menyebrangi laut. Kami dapat melihat bagian O-Torii yang biasanya terendam air laut dari dekat karena air lautnya sedang surut.

Miyajima O-Torii

Setelah kami selesai, semuanya kembali dengan menaiki kapal ferry lagi dan sekarang kami menuju ke hotel dengan style Jepang, yakni Aki Grand Hotel. Disini kami tidur dengan sistem berbagi kamar, 1 kamar dihuni oleh 4 orang. Sekitar puku 19.00, kami semua makan malam bersama style Jepang (Washoku ). Selesai makan malam, saya dan beberapa teman lainnya mencoba untuk mandi di Onsen yang tersedia di hotel tersebut. Itu adalah pengalaman onsen pertama saya.

Style Jepang (Washoku )

5.    Kegiatan Tanggal 20 Juni 2016

Kami sarapan di hotel dengan sistem Buffet, setelah itu kami semua bersiap-siap dan check-out dari hotel. Dari hotel, kami menuju ke Yamada-ya, yaitu pabrik sekaligus toko yang menjual berbagai macam Momiji Manju yang sangat terkenal di Hiroshima.

Yamada-ya,

Tour kemudian dilanjutkan ke tempat dimana kami diajak untuk membuat Hiroshima-yaki, yakni Okonomiyaki ala Hiroshima. Setelah kami selesai membuatnya, kami pun mencicipi bagaimana rasa Hiroshima-yaki ala buatan tangan sendiri.

Hiroshima-yaki

Sekitar pukul 13.50, kami semua diajak menuju Peace Memorial Monument di Hirshima. Disini terdapat bangunan yang masih bisa bertahan dari ledakan bom atom yang jatuh tidak jauh dari lokasi geduung tersebut. Selain itu, terdapat juga musem, patung Sadako dengan origami Tsuru nya, dan juga ada monumen api perdamaian. Tour kami sedikit terganggu karena hujan deras, jadi kami melanjutkan tour di dalam museum. Disana banyak sekali terdapat sisa-sisa dari ledakan bom atom, seperti pakian, kotak makanan yang hangus, dan ada juga patung-patung buddha yang selamat dari ledakan bom atom

Peace Memorial Monument

Setelah selesai di Hiroshima, kami melanjutkan perjalanan menuju menuju Kyoto dengan menaiki Shinkasnen. Karena perjalanan yang sedikit jauh dan hari juga sudah malam, jadi kami diberikan makan malam di dalam shinkansen. Kami sampai di Kyoto sekitar pukul 19.00 dan kami langsung menuju ke hotel untuk check-in. Hotel kami kali ini bernama Green Rich Hotel. Disini juga terdapat onsen, jadi saya dan teman-teman saya juga mencoba onsen di hotel ini.

6.    Kegiatan Tanggal 21 Juni 2016
Sarapan di hotel, lalu kami semua check-out dari hotel dan melanjutkan perjalanan menuju Kiyomizudera. Disana kami diajak berkeliling, diberikan penjelasan-penjelasan, dan terakhir adalah free time. Saat free time, kami semua berpencar untuk membeli oleh-oleh, makanan, minuman, berfoto, dan lain sebagainya. Selanjutnya kami diajak ke restoran untuk makan siang.

Kiyomizudera

Kegiatan selanjutnya setelah kami makan siang adalah menuju ke Marumasu Nishimura-ya, yaitu tempat melukis kain dan kimono tradisional Jepang. Disana kami diajak untuk melukis sebuah tas yang telah disediakan da hasilnya boleh kami bawa pulang.

Marumasu Nishimura-ya

Perjalanan selanjutnya yakni ke Kinkau-ji, yaitu kastil emas milik Shogun. Disana terdapat pemandangan yang sangat indah, ditambah dengan warna emas dari kastil menambah suasana indah di daerah tersebut. Di Kinkaku-ji, terdapat banyak sekali wisatawan asing, terutama wisatawan asal China. Kinkaku-ji merupakan perjalanan terakhir kami, kemudian kami semua pulang menuju Kansai Center dengan menggunakan bus Japan Foundation. Kami sampai sekitar pukul 18.00 dan kami semua langsung istirahat.

Kinkau-ji

7.    Kegiatan Tanggal 22 Juni 2016

Pagi hari sarapan di catetaria, dan masuk ke kelas masing-masing sesuai grup pada pukul 09.00. Kami semua membicarakan pengalaman masing-masing selama study trip. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan dan persiapan untuk mengunjungi sekolah SMA Jepang.  Makan siang di cafetaria, dan dilanjutkan dengan pengenalan dan pembelajaran dialek Kansai.
Kegiatan selanjutnya di Hall, yakni pembelajaran Bahasa Jepang dalam bentuk Anime dan Manga yang berbahasa Jepang. Setelah selesai diberikan pembelajaran, kami semua mendapat waktu bebas dan melanjutkan kegiatan kami masing-masing, lalu makan malam sekitar pukul 19.40.

8.    Kegiatan Tanggal 23 Juni 2016
Sarapan di cafetaria pada pukul 07.00, lalu ke kelas masing-masing pada pukul 09.00 untuk membahas mengenai persiapan Osaka Orienteering. Kemudian kami diberikan pembelajaran dan persiapan untuk Homestay. Setelah itu kami semua istirahat makan siang, dan kegiatan selanjutnya yakni pengenalan website untuk membantu dan meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang.
Pada pukul 14.30 dilanjutkan dengan acara Bunka Taiken, yaitu pengenalan terhadap Budaya Jepang. Kami dibagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan pilihan kami masing-masing, yaitu Yukata dan Wadaiko. Saya memilih kegiatan  Wadaiko yakni permainan musik tradisional Jepang yang menggunakan drum-drum besar yang dimainkan sesuai irama yang telah dibuat. Kegiatan Wadaiko ini kami lakukan di Hall Kansai Center. Kegiatan berakhir sekitar pukul 16.30 dan kami semua berfoto bersama dengan para pelatih dan seluruh peserta.

Bunka Taiken

9.    Kegiatan Tanggal 24 Juni 2016
Kami sarapan di cafetaria, dan berkumpul di Lobby Kansai Center pada pukul 10.15 untuk bersiap-siap mengunjungi Sumiyoshi Highschool. Sebelum berangkat kami juga diberikan bekal untuk makan siang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kami semua berangkat menuju Sumiyoshi Highschool dengan bus dari Japan Foundation Kansai. Sampai disana, kami disambut oleh guru-guru dan diajak masuk ke ruangan yang telah disediakan untuk kami. Sebelum masuk, kami juga harus mengganti sepatu kami dengan Slipper khusus untuk di dalam sekolah. Di dalam ruangan tersebut kami diberikan sambutan-sambutan oleh para guru dan juga Kepala Sekolah Sumiyoshi.

Sumiyoshi Highschool

Pada jam makan siang, kami semua dijemput oleh siswa-siswi Sumiyoshi untuk diajak ke kelas sesuai dengan grup yg telah dibuat. Sampai di kelas, kami makan siang bersama-sama, setelah selesai kami melanjutkan kegiatan mengajar. Di kelas, saya mendapat pelajaran Ilmu pengetahuan dan Bahasa Jepang Kuno. Pada pelajaran Ilmu pengetahuan, saya teidak mengerti sama sekali apa yang diajarkan. Pada pelajaran bahasa Jepang kuno, kami diajak memainkan permainan Hyaku-nin Isshu, yakni permainan yang mirip dengan karuta tetapi yang ini mencocokan kartu dengan larik yang dibacakan.
Selesai belajar, kami diberikan pesta penyambutan dan juga sebagai pesta perpisahan karena kami hanya 1 hari disana. Saat pesta, kami juga mengenalkan negara kami masing-masing, sekolah, dan lain sebagainya. Seusai pesta, kami diantar menuju ruangan kami tadi dan disana kami telah ditunggu oleh Host Family masing-masing dan diajak pulang.

Host family saya adalah Sawano Sarara, karena dia masih ada kegiatan Club, jadi saya ikut dengannya bersama teman lainnya yang host family nya juga mengikuti Club Menari. Sekitar pukul 18.30 kegiatan club selesai, dan kami pulang dengan menaiki Chinchin Densha, yakni kereta yang beroprasi di jalan raya sekitaran sekolah. Kemudian kami menuju stasiun dan lanjut menaiki kereta biasa, kemudian kami dijemput oleh kakeknya Sarara. Perjalanan dari sekolah menuju kediaman Sawano sekitar 65 menit. Setibanya di rumah, saya mandi lalu diajak makan malam bersama. Makan malam yang dibuatkan waktu itu adalah Takoyaki. Setelah makan, kami berbincang-bincang mengenai bali, dan lain sebagainya hingga malam.
10.    Kegiatan Tanggal 25 Juni 2016

Kami sarapan sekitar pukul 07.10, menu sarapannya adalah salad dan roti. Sekitar pukul 09.00 saya dan Sararaberangkat menuju stasiun tempat kami berkumpul dengan yang lain. Setelah kami semua berkumpul, kami melanjutkan perjalanan menuju Osaka Castle. Disana kami melihat Kastil Osaka, pakaian perang pada jaman dahuku, dan lain sebagainya. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Tsuutenkaku, disana kami naik ke menara Tsuutenkaku dan mengosok kaki Biliken, yakni dewa yang dipercaya dapat mengabulkan permohonan. Lalu kami makan siang di sekitar Tsuutenkaku, kami makan Kushikatsu. Terdapat banyak sekali pilihan dalam Kushikatsu, seperti sayuran, ayam, daging, bahkan mochi juga ada. Saat mencelupkan Kushikatsu ke dalam saus, ada sebuah perjanjian yang hany boleh mencelupkannya 1 kali saja.
Dikarenakan cuaca yang hujan, kami mengubah rencana yang awalnya akan ke Amerika-mura menjadi ke Q’s mall. Di sana kami semua diajak mencoba Purikura. Kami semua masuk kedalam photobox, dan berfoto bersama. Dengan Purikura ini, wajah kami semua menjadi lebih cantik. Sangat terkenal dikalangan para anak muda, terutama kalangan wanita. Hari semakin malam, dan kami semua kembali kerumah masing-masing. Sampai dirumah, saya mandi dan makan malam bersama.

11.    Kegiatan Tanggal 26 Juni 2016
Ini merupakan hari terakhir Homestay, jadi saya sudah mengemas barang-barang saya dan bersiap untuk kembali. Pada pukul 07.00 kami sarapan, dan bersiap-siap untuk diajak mengunjungi Osaka Aquarium. Kami berangkat menuju aquarium pada pukul 11.00 karena teman Sarara sedikit terlambat. Kami bertiga berangkat menuju stasiun diantar oleh nenek Sarara, dan menuju aquarium dengan menggunakan kereta. Sampai di sana, kami berfoto dan melihat-lihat didalam aquarium. Disana terdapat banyak sekali jenis ikan, ubur-ubur, dan berbagai macam makhluk air lainnya. Selain itu, terdapat juga ikan Paus Hiu yang sangat besar. Kegiatan terakhir setelah dari aquarium adalah berfoto di purikura.
Kami sedikit terlambat untuk berkumpul dengan yang lainnya karena tertinggal kereta. Sampai di depan sekolah, kami semua menaiki bus Japan Foundation Kansai, dan kembali menuju Kansai Center. Kami sampai di Kansai Center sekitar pukul 18.30, dan kami lanjut makan malam di cafetaria.

12.    Kegiatan Tanggal 27 Juni 2016

Setelah sarapan, kami masuk ke ruang kelas masing-masing untuk berdiskusi dan membicarakan tentang bagaimana kunjungan ke sekolah dan homestay kami. Selanjutnya kami membicarakan tentang bagaimana Osaka Orienteering. Kami membuatnya dalam bentuk powerpoint berkelompok, dan dipresentasikan didepan teman-teman di kelas. Setelah itu kami istirahat makan siang, lalu kegiatan dilanjutkan dengan Bunka Taiken. Bunka Taiken kali ini yaitu Shodou dan Aiki-Jujutsu. Saya memilih kegiatan Aiki-Jujutsu, yaitu seni bela diri. Dalam kegiatan ini, kami juga diajarkan cara memegang pedang, dan cara mengayunkannya. Kegiatan Bunka Taiken kali ini sampai pukul 16.00, setelah itu kami semua berfoto bersama.

13.    Kegiatan Tanggal 28 Juni 2016

Kami sarapan di cafetaria sekitar pukul 07.40, lalu masuk ke kelas masing-masing sesuai grup. Hari ini kami mempersiapkan diri untuk membahas mengen Final Presentation untuk besok. Setelah makan siang, kami melanjutkannya di kelas masing-masing. Semuanya memiliki ide presentasi yang menarik dan unik. Presentasi team saya yakni Koukousei no Seikatsu, yang artinya kehidupan anak SMA. Kami menyampaikan presentasi ini dengan gaya ala penyiar radio. Setiap team memiliki gayanya masing-masing, ada yang berisikan mini-drama, dan ada juga yang berisikan gerakan-gerakan khusus.

14.    Kegiatan Tanggal 29 Juni 2016

Setelah sarapan, kami berkumpul di satu kelas dan meeting mengenai keberangkat pulang besoknya. Sekitar pukul 10.30, kami semua melakukan gladi bersih final presentation di dalam kelas. Setelah semuanya sudah terasa bagus, kami istirahat makan siang. Sekitar pukul 13.00 setelah makan siang, kami melanjutkan gladi bersih final presentation di Hall. Setelah itu kami diberi waktu luang untuk membereskan barang-barang kami. Tepat pukul 18.30 acara dimulai, kami semua melakukan Final Presentation kami, dan juga upacara penutupan dan penyerahan sertifikat oleh Kepala Japan Foundation Kansai. Setelah itu ada beberapa kata penutup dari Kepala Japan Foundation dan juga dari perwakilan seluruh peserta Japanese-Language Program for Highschool Student, yang diwakili oleh saya. setelah pidato penutupan, dilanjutkan dengan pesta perpisahan yang dihadiri oleh para siswa dan guru dari Sumiyoshi Highschool, keluarga homestay, dan para pelatih pada bunka taiken.

15.    Kegiatan Tanggal 30 Juni 2016
Kami para peserta dari Indonesia berangkat dari Kansai Center menuju airport pada pukul 08.00, bersama para peserta dari Vietnam, dan satu peserta dari China (Hongkong). Kami kembali ke negara masing masing.